Senin, 04 April 2011

Pengalaman E-Commerce

Ini adalah pengalaman pertama saya melakukan transaksi e-commerce.Pada saat itu saya berpikir ingin membeli sebuah kaos sepakbola tim favorit saya yang jarang sekali atau bahkan sama sekali tidak ada di indonesia. Dalam suatu kesempatan saya pergi ke suatu tempat pusat olahraga di jakarta,awalnya saya mencari dari satu toko ke toko yang lain, dan pada akhirnya saya berkeliling ke tempat itu tidak mendapatkannya juga.Akhirnya saya pulang dengan tidak menghasilkan apa-apa.Suatu ketika saya membuka suatu laman website toko online dan saya menemukan barang yang saya ingin beli. Dimulai dengan melihat-lihat website tersebut dan saya mencari barang dan harga yang cocok kemudian saya akhirnya jadi membeli barang tersebut. Kaos sepakbola tersebut memang merupakan bisnis sang penjual tersebut,sang penjual awalnya membeli kaos" tersebut di luar negeri dan kemudian dipasarkan di indonesia dengan harga yang cukup mahal.Dengan mulanya saya mencatat contact person sang penjual kaos sepakbola tersebut dan tidak berlama-lama lagi saya langsung mengontek orang tersebut dan langsung bernegoisasi dengannya. Kebetulan sang penjual juga berdomisili masih di pulau jawa dan akhirnya dia sepakat untuk mengirim barang tersebut lewat jasa pengiriman paket. Keesokan harinya saya mentrasfer uang ke sang penjual yang sebelumnya sudah disepakati dan keesokan harinya barang tersebut sampai kerumah saya oleh jasa pengiriman barang tersebut.

Itulah pengalaman pertama saya bertransaki online hehe mohon maaf apabila ada kata" saya yang salah dalam penulisan atau apapun makum saya hanyalah manusia biasa,sekian dan terimakasih...

E-COMMERCE

E-commerce atau bisa juga disebut elektronic business yaitu bisnis yang biasa dilakukan dengan menggunakan electronic transmission dan e-commerce juga bisa didefiniskan sebagai segala bentuk perdagangan/perniagaan barang atau jasa dengan menggunakan media elektronik.e-Commerce merupakan kebutuhan esensial saat ini dalam dunia bisnis global, dan sebagai penunjang dalam pengembangan pasar, meningkatkan efisiensi, dapat menekan biaya, serta memberikan akses yang lebih luas bagi partner dan pelanggan perusahaan Anda.
e-Commerce memiliki fleksibilitas dan keunikan bagi setiap perusahaan, karena perusahaan memiliki perbedaan dalam pengembangan IT departemennya serta kebutuhan akan model teknologi informasi bagi bisnisnya. Termasuk perusahaan Anda, maka penerapan e-Commerce tergantung pada model bisnis yang perusahaan Anda kembangkan dan model teknologi informasi yang saat ini perusahaan Anda kembangkan. Pengembangan e-Commerce harus bisa fleksibel dan bisa beradaptasi dengan software dan aplikasi teknologi yang ada di perusahaan Anda.
e-Commerce dikembangkan untuk skala yang lebih luas dan terintegrasi dengan multiple computing system; semua lini dan departemen di perusahaan Anda, organisasi/perusahaan lain, dan sistem komputer global. Karena sifatnya integrasi langsung dengan dua atau lebih entity, maka pengembangan e-Commerce harus benar-benar memperhatikan segi keamanan, terutama keamanan dalam bertransaksi.

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce yaitu :
1. Content Management Systems
2. Dokumen, spreadsheet dan database
3. E-mail dan Messaging
4. Informasi pengiriman dan pemesanan
5. Akunting dan sistem keuangan
6. Sistem pembayaran domestik dan Internasional
7. Pelaporan Informasi dari klien dan enterprise
8. Online shopping
9. Online banking
10. Newsgroup
11. Conferencing