Sabtu, 14 Januari 2012

Cara Konversi Bitmap Dan Vektor

Konversi Bitmap dan  Vektor telah banyak digunakan atau dilakukan oleh kebanyakan orang yang tidak puas dengan gambar yang diterimanya sehingga di konversi ke bitmap atau pun vektor. Banyak program yang telah menambahkan fungsi konversi bitmap ke vektor atau sebaliknya, tidak hanya program yang telah memiliki program konversi secara langsung, akan tetapi dalam internet pun kita dapat mengkonversikan gambar, sehingga kita dapat dengan mudah mengubah suatu gambar sesuai keinginan kita.
Pengertian dari Bitmap merupakan pemetaan bit yang terdiri atas titik – titik yang membentuk baris dan kolom. Citra yang terbentuk terdiri atas titik dan pixel. Pada citra raster, citra terdiri atas barisan pixel dan bukan vektor yang memiliki koordinat. Satu titik direpresentasikan oleh satu atau lebih bit data. Makin banyak bit yang digunakan untuk mempresentasikan satu titik, makin banyak warna dan bayangan abu-abu yang bisa digambarkan. Disingkat dengan BMP. Suatu format file atau ekstensinya untuk format file grafis bit mapped windows yang menyimpan citra sebagai grid titik-titik atau pixel. Dalam windows atau DOS suatu file bitmap akan diberi nama seperti : image01.bmp, dimana dibelakang titik (.) ada ekstensi bmp. File dengan nama seperti ini menunjukkan file jenis bitmap.
Sedangkan pengertian dari vector Suatu format gambar yang disusun berdasarkan vektor dengan tujuan meminimalisasi penggunaan tempat penyimpanan data. Informasi yang digunakan diantaranya adalah posisi titik awal, titik akhir dan arahnya yang dihitung berdasarkan metode matematika (Bezier, Spline, NURBS, dll) sehingga dapat diperbesar dan diperkecil tanpa merusak kualitasnya.
Cara mengkonversikan gambar bitmap ke vektor adalah dengan cara ‘Tracing’ sebaliknya, cara mengkonversikan gambar vektor ke bitmap adalah dengan cara ‘Rusting’. Cara-cara ini dapat dimengerti hanya dengan menerjemahkan kalimat tersebut, pada ‘Tracing’ artinya adalah menelusuri dan pada ‘Rusting’ artinya adalah berkarat atau dalam arti di kikis.
Maka kita akan tahu cara apa yang akan dilakukan pada tracing maupun rusting. Tracing dengan cara manual dapat dilakukan dengan memakai program untuk edit gambar seperti coreldraw, GIMP dan inkspace (masih banyak lagi yang mungkin saya tidak mengetahuinya), pada saat memakai program tersebut jangan memakai konversi yang sudah diberikan pada program. Garis ulang dengan menggunakan tools “pen” or etc tergantung program, kalau di GIMP, nanti hasil seleksi di pilih “trace”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar