Senin, 12 November 2012

E-HEALTH

Pengertian e-health adalah pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) komputer, dengan adanya e-health layanan kesehatan dapat dilakukan oleh siapa saja dan siapa saja.
Secara luas e-health dapat diartikan bidang pengetahuan baru yang merupakan persilangan dari informasi medis, kesehatan public, dan usaha. Berkaitan dengan jasa pelayanan dan informasi kesehatan yang dipertukarkan atau ditingkatkan melalui saluran internet dan teknologi.
Dengan adanya e-health diharapkan masyarakat mendapatkan informasi mengenai pencegahan penyakit, serta peningkatan pelayanan dan pengurangan biaya kesehatan.\

Kelebihan E-Health
  • Mengumpulkan berita berita tentang obat obatan
  • Mencari informasi tentang medical services
  • Mencari informasi tentang drugs and medication
  • Mengumpulkan informasi spesific penyakit tertentu
  • Mencari informasi tentang gaya hidup sehat
  • Mencari kelompok diskusi tentang kesehatan

Kekurangan E-Health

Sebernarnya bukan hanya soal penelitian kesehatan saja yang masih bermasalah. Ada banyak kekurangan ehealth yang harus diperhatikan   ,misalnya      akses kesehatan melalui internet terbatas pada golongan tertentu saja yang cukup mapan dan tidak terlalu berumur. Informasi internet masih terkendala dengan sulitnya mencari informasi yang valid, complete, dan dimengerti. Masalah yang terahir adalah masalah confict interest dengan perusahaan kimia di dunia internet. Hal - hal di atas masih menjadi problem yang perlu diperhatikan.

 

Dengan adanya E-Health sangatlah membantu masyarakat dalam mengatasi masalah mereka mengenai dunia kesehatan, khususnya masyarakat yang rawan terhadap masalah kesehatan seperti masyarakat yang tinggal di perkampungan atau pedalaman dan masyarakat yang tinggal di pinggiran kota yang kumuh. Sehingga tidak memperhambat mereka dalam mengakses informasi dan konsultasi tentang kesehatan, mereka tidak perlu lagi pergi jauh ke rumah sakit atau puskesmas hanya untuk mengetahui informasi atau konsultasi tentang kesehatan dan juga dapat diakses kapanpun mereka mau melalui E-Health.

Bukan hanya itu, dalam E-Health pun terdapat sistem informasi puskesmas, klinik, rumah sakit, PMI, laboratorium kesehatan, asuransi kesehatan, apotek, perusahaan farmasi dan tenaga ahli di bidang kesehatan ( dokter, bidan dan perawat ). Kecepatan dan kemudahan dalam mengakses informasi di dunia kesehatan sangatlah penting karena kesehatan merupakan kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat. Oleh sebab itu, perlu adanya peningkatan penggunaan E-Health di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar