Rabu, 02 Maret 2011

Manfaat dan Kerugian Internet

Dalam Perkembangan Internet seperti sekarang ini saya akan mencoba menjelaskan tentanat dari internet itu sendiri yaitu

  • Internet sebagai media promosi dan melalui internet kita bisa melakukan promosi secara mendunia tanpa batas, berbeda apabila kita promosi sesuatu lewat televisi, koran, majalah ataupun radio yang sangat terbatas oleh jarak dan waktu. Dan intinya dengan internet kita bebas untuk berpromosi.
  • Internet dalam hal ini sangat berperan penting dalam dunia pendidikan yaitu contohnya dengan internet kita bisa mencari ilmu pengetahuan di internet tanpa batas, dan yang sekarang sedang sangat populer dengan internet kita bisa sekolah tanpa harus datang ke sekolah setiap pagi dan mendengarkan guru menjelaskan di depan kelas (Home Schooling).Banyak sekali manfaat internet yang dapat kita ambil dan pelajari untuk masa depan kita sendiri dalam dunia pendidikan.
  • Internet sebagai media komunikasi. Melalui internet kita dapat melakukan komunikasi global tanpa batas dari seluruh penjuru dunia dengan mengaksesnya secara cepat dan akurat. Kita bisa mengirim email, gambar ataupun video ke siapa saja di seluruh dunia tanpa batas.
  • Dengan internet kita juga bisa menjadikannya sebagai sarana atau media hiburan. Dengan internet kita bisa melepas lelah kita di dalam aktifitas kita yang cukup padat contohnya dengan browsing, melihat situs jejaring sosial ataupun melihat video musik yang dapat kita akses secara cepat dan mudah.
Walaupun banyaknya manfaat yang kita dapat pada internet selain itu juga banyak kerugian yang kita bisa alami pada internet itu sendiri.

Kerugian internet itu sendiri contohnya yaitu

  • Pada internet kita bisa jadi lupa segalanya atau membuang-buang waktu apabila kita mengakses internet tanpa batas waktu.
  • Dalam internet komputer kita bisa terserang virus yang akan selalu datang pada setiap komputer yang teehubung internet dan dengan virus itu kita akan mendapatkan kerugian yaitu komputer kita akan rusak karena virus apabila tidak dilengkapi dengan antivirus yang cukup kuat.
  •  Pada internet juga sangat memudahkan bagi para pelaku kriminal berbuat jahat contohnya mencuri uang dari kartu kredit yang tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang tinggi.Dan selain itu dengan internet sangat memudahkan juga bagi para pembajakan atau penjiplak dengan membajak atau menjiplak suatu karya seseorang tanpa izin dan karya tersebut juga bisa disebarkan oleh pembajak tersebut kemana-mana.
  • Internet juga bisa merusak mental bangsa kita ini apabila kita tidak bisa memilih untuk mengaksesnya untuk segi positifnya saja. Contohnya dengan adanya situs-situs porno di internet yang berlalu lalang dan sangat melekat atau menjamur di internet itu sendiri, maka dari itu kita bisa menyebutkan internet bisa merusak mental bangsa kita ini apabila kita menggunakan internet untuk sisi negatifnya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar